Kamis, 23 Desember 2010







Akhirnya tiba saat nya untuk ATI dan Nokia mengumumkan kerja sama jangka panjang nya untuk memajukan dan meningkatkan fungsi multimedia handphone seperti untuk bermain game 3D, TV streaming, video playback, high-quality music dan lainnya untuk handphone Nokia. Padahal ATI telah cukup lama memiliki beberapa versi produk Imageon™ tersebut dan yang terakhir adalah Imageon™ 2380/2388 yang telah support OpenGL 1.1+.

Sebelumnya produk ATI yang berupa graphic chip dan mobile processor (CPU) sudah digunakan oleh Motorola, Fujitsu, Siemens, Samsung, LG dan beberapa vendor kecil lainnya tapi kini Nokia turut menggunakan produk ATI tersebut, pasar mobile content untuk multimedia 3G sebenarnya sudah berjalan hanya saja dirasakan masih belum banyak digunakan oleh mayoritas pengguna handphone, kerja sama antara ATI dan Nokia ini mungkin akan sangat mempercepat majunya content multimedia 3G karena Nokia sebagai vendor handphone terbesar yang sebelumnya masih belum menggunakan produk ATI tersebut membuat perusahaan developer sedikit "malas" untuk membuat aplikasi dukungan multimedia 3G.

ATI telah merencanakan untuk menyediakan aplikasi dan software development kit (SDK) untuk para developer pada musim gugur 2006 (semeter ke tiga 2006). ATI dan Nokia juga akan menyelenggarakan beberapa workshop bersama pada pertengahan tahun 2006 untuk memperkenalkan produk mereka pada beberapa developer yang telah ditentukan (perusahaan developer mobile content besar).

Diperkirakan pada tahun 2007, kegunaan multimedia 3G akan mulai dirasakan karena para Operator juga mungkin telah menyiapkan bandwidth jaringan nya untuk mendukung fungsi streaming video dan suara berkualitas tinggi. Jika dilihat keadaan sekarang padahal program Live TV untuk menonton WorldCup 2006 yang akan diselenggarakan di Jerman telah digembar-gemborkan dibanyak negara termasuk Indonesia, sayang pada realitinya bagi pengguna handphone di Indonesia hal ini untuk sementara hanya bisa untuk dibayangkan saja.

Satu hal yang pasti akan terlihat dari perkembangan teknologi graphic chip ini adalah game-game handphone yang akan datang akan sangat bervariasi dan bagus yang akan membuat ukuran file-file game tersebut semakin besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula, hingga sekarang ukuran game-game untuk NGage tidak ada yang melebihi 128MB jadi mungkin nantinya para pemain game handphone memerlukan memori yang lebih besar lagi. Tapi handphone jenis apa yang akan dipakai khusus untuk para pemain game ini ? mudah mudahan Nokia akan cepat mengumumkan dan mengeluarkan seri NGage barunya yang lebih canggih dan lebih cepat yang menggunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar